Pelatihan Peningkatan Kompentensi Siap Kerja

BUKU PANDUAN
SEMINAR SEHARI

PROGRAM PENINGKATAN KOMPETENSI SIAP KERJA
(PPKSK)

PEMERINTAH PROVINSI DKI JAKARTA
DINAS PENDIDIKAN PROVINSI DKI JAKARTA TAHUN 2010
Sambutan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta

Bismillahirrohmanirrohim
Assalamualaikum Wr.Wb.

Pertama-tama mari kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Illahi Robbi atas limpahan nikmat dan karunia-Nya, sehingga dapat hadir di tempat ini dalam acara Seminar Sehari Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta dalam rangka Program Peningkatan kompentensi siap kerja tahun 2010.
Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya sampaikan kepada Bapak Gubernur bahwa diadakannya kegiatan Seminar Sehari Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta adalah dalam rangka upaya untuk menyesuaikan output SMK terhadap kebutuhan Sumber Daya Mansia (SDM) di Industri telah memberi inspirasi pola pikir para pemangku kepentingan dan pelaku pendidikan menengah kejuruan, sebagai langkah mensinkronkan kompetensi tamatan dengan kebutuhan di Dunia Kerja Usaha dan Industri (DKUI).
Jumlah peserta kegiatan ini sebanyak 250 orang, terdiri dari Wakil Kepala SMK Bidang Humas, Wakil Kepala SMK Bidang Kurikulum, Calon Kepala SMK, Kepala SMK Negeri dan Swasta, Korwas, Kepala BP2K, dan Kepala Sudin Dikmen di 5 Wilayah Kota Administrasi.
TEMA SEMINAR SEHARI TAHUN 2010 yaitu:
”Melalui Program Peningkatan Kompetensi Siap Kerja, Kita Kuatkan Bangsa yang Gemilang”
Pada kesempatan ini, saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak/Ibu Pejabat dari Dinas, Badan, dan Biro di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta atas segala bantuan dan dukungannya dalam acara Seminar Sehari Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta ini.
Selanjutnya saya mohon, Bapak Gubernur Provinsi DKI Jakarta berkenan memberikan sambutan dan arahan pada acara Seminar Sehari Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta demi suksesnya acara ini, dan sekaligus memberi tanda dimulainya kegiatan Seminar ini.
Wabillahi Taufik Wal Hidayah, Wassalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Jakarta, 28 Oktoberl 2010
KEPALA DINAS PENDIDIKAN
PROVINSI DKI JAKARTA

Dr. H. TAUFIK YUDI MULYANTO, M.Pd.
NIP 131679687

SAMBUTAN GUBERNUR PROVINSI DKI JAKARTA
DALAM SEMINAR DAN LOKAKARYA
PROGRAM PENINGKATAN KOMPETENSI SIAP KERJA ( PPKSK )
SMK DKI JAKARTA
AUDITORIUM STEKPI, 30 OKTOBER 2010
BISMILLAHIROHMANIRROHIM.
Assalamu ‘alaikum Warahmatullah Wabarakaatuh.

Dengan tiada henti-hentinya, marilah kita Panjatkan Puji dan Syukur Kehadlirat Allah SWT, atas berbagai nikmat yang telah kita peroleh, semoga kita senantiasa dalam Lindungan-Nya, Amiin.
Tuntutan Era Global yang diwarnai persaingan tenaga kerja yang semakin ketat, keterbukaan bursa kerja di tingkat Internasional, Multy Skill yang komparatif dan kompetitip, kompetensi individu dan team work yang solid dan profesionalisme yang tinggi, menuntut adanya langkah antisipatif dan proaktif, salah satu langkah yang dimaksud adalah peningkatan mutu Sumber Daya Manusia ( SDM ). Peningkatan tersebut dilakukan secara terprogram, bertahap, dan berkelanjutan, serta kontekstual dengan mensinergikan seluruh sumber daya yang dimiliki.
Penyiapan tenaga kerja tingkat menengah yang terampil, memiliki daya saing, sekaligus berkarakter sangatlah diperlukan di era globalisasi ini, sangatlah tepat bila kita dapat mengembangkan pola penyelenggaraan SMK yang efektif dan efisien, sebagaimana ketahui bersama bahwa tujuan pendidikan menengah kejuruan adalah meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut sesuai dengan bidangnya.
Bila dalam penyelenggaraan SMK dikelola dengan baik, SMK akan memiliki peran yang sangat strategis diantaranya :
– Mendukung pertumbuhan ekonomi baik tingkat lokal maupun nasional,
– Memenuhi tenaga kerja terampil tingkat menengah yang kompetitif
– Mengurangi pengangguran dimasa mendatang
– Mendukung pertumbuhan industri
Untuk pengembangan SMK yang kompetitif perlu dikembangkan kemitraan yang lebih luas dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI), baik dalam pola pelatihan dan sertifikasi baik tingkat nasional maupun internasional.
Dengan adanya pengakuan dalam bentuk sertifikasi akan memberikan bobot yang lebih pada lulusan SMK, sehingga lulusan SMK akan mendapatkan pekerjaan dan penghargaan sesuai dengan kompetensi yang dimilikinya.
Sebagai upaya menghasilkan lulusan SMK yang memiliki kompetensi yang unggul perlu adanya terobosan-terobosan dalam mengembangkan program bersama antara SMK dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri.
Program Peningkatan Kompetensi Siap Kerja (PPKSK) diharapkan dapat terwujud peserta didik yang mempunyai pengetahuan atas kerja, keterampilan, dan berakhlak mulia. Keunggulan peserta didik hanya akan dilahirkan oleh guru yang memiliki kualifikasi akademik dan non akademik, dengan menyatukan konsep pembinaan, pendidikan dan bimbingan, serta pelatihan antara lembaga sekolah dan dunia kerja usaha industri (DKUI).

Program Peningkatan Kompetensi Siap Kerja (PPKSK), ini merupakan bentuk pengembangan dan perluasan dual system yang selama ini sudah di kembangkan di SMK
Penyelenggaraan Seminar dan Lokakarya, Program Peningkatan Kompetensi Siap Kerja ini merupakan manifestasi kongkrit, dan diharapkan bisa menghasilkan rumusan serta model pengembangan SDM yang memiliki kapasitas unggul dan berkualitas.
Pemangku kepentingan dan pelaku pendidikan kejuruan, sadar bahwa pendidikan kejuruan merupakan bagian terpadu dari pengembangan SDM yang santun, kreatif, ulet, mandiri, bekerja keras, jujur, berjiwa wirausaha, dan berketuhanan, serta menghasilkan tamatan SMK yang mampu mengembangkan ekonomi kreatif, dan berkarakter bangsa.
Seiring dengan diselenggarakannya seminar dan lokakarya ini, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, terus memberikan dukungan untuk menghasilkan pendidikan berkualitas, baik melalui perbaikan dan penambahan sarana prasarana pendidikan, serta peningkatan kesejahteraan guru.
Tema yang diangkat pada seminar dan lokakarya ini, yakni “Melalui Program Peningkatan Kompetensi Siap Kerja, Kita Kuatkan Bangsa yang Gemilang“, dapat menjadi inspirasi warga Jakarta umumnya, dan Komunitas Pendidikan Kejuruan di Jakarta khususnya, bagaimanakah membangun bangsa yang kuat dan berkarakter, dengan mensinergikan antara Dunia Kerja Usaha Industri, bersama Dunia Pendidikan Kejuruan di Jakarta, untuk membangun Jakarta sebagai Kota Metropolitan yang kuat, dinamis, dalam melayani masyarakat, dan industri.
Saya memberikan apresiasi kepada Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, dan pihak terkait dalam penyelenggaraan seminar dan lokakarya ini, untuk mensinergikan pembelajaran di sekolah dan di Dunia Kerja Usaha Industri, sehingga menghasilkan tamatan siswa SMK di Jakarta yang Gemilang.
GEMILANG, bermakna Gerakan Membangun Jakarta dengan Ilmu dan Keterampilan secara Langsung.
Pada kesempatan ini saya mengajak kepada seluruh peserta Seminar dan Lokakarya, mari kita bekerja untuk Jakarta, mari kita bangun Jakarta yang GEMILANG.
Selamat melaksanakan Seminar dan Lokakarya, Program Peningkatan Kompetensi Siap Kerja, SMK DKI Jakarta.
Dengan memohon Ridho Allah, seraya mengucapkan “BISMILLAHIROHMANIRROHIM“ Seminar dan Lokakarya Program Peningkatan Kompetensi Siap Kerja “ dengan ini dibuka.

Jakarta, Oktober 2010.
Gubernur Provinsi DKI Jakarta.

Dr. Ing. Fauzi Bowo.

Daftar Isi

Sambutan Kepala Dinas Pendidikan
Sambutan Gubernur DKI Jakarta
Daftar Isi
Pendahuluan
Tujuan
Peserta
Tema Seminar
Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Nara Sumber
Susunan Acara
Susunan Panitia Pelaksana Seminar Dan Lokakarya
Penutup

SEMINAR DAN LOKAKARYA
PROGRAM PENINGKATAN KOMPETENSI SIAP KERJA (PPKSK) SMK DKI JAKARTA SABTU, 30 OKTOBER 2010

I. PENDAHULUAN
Undang-Undang Sistem Pendidikan nasional No. 20 tahun 2003, memberikan amanat bahwa guru adalah pendidik profesional. Dalam rangka meningkatkan kapasitas dan kualitas diri, sebagai wujud upaya mengembangkan dan meningkatkan profesionalisme guru, berbagai langkah dilakukan untuk menunjang tugas pokok dan fungsinya. Melalui Program Peningkatan Kompetensi Sisp Kerja (PPKSK) diharapkan dapat terwujud peserta didik yang mempunyai pengetahuan, keterampilan, dan berakhlak mulia.
Keunggulan peserta didik hanya akan dilahirkan oleh guru yang memiliki kualifikasi akademik dan non akademik, dengan menyatukan konsep pembinaan, pendidikan dan bimbingan, serta pelatihan antara lembaga sekolah dan dunia kerja usaha industri (KUI).
Hard skill dan soft skill yang dimiliki guru dan pekerja di dunia kerja usaha industri dapat ditransfer kepada peserta didik, sehingga mental pekerja dan mental industri akan tertanam dalam diri peserta didik.
Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta bekerjasama dengan komunitas K3SK DKI Jakarta dan Pokja PPKSK menyelenggarakan seminar dan lokakarya, untuk menghasilkan sebuah pemikiran dan langkah bersama antara Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Birokrat dan Dunia Usaha Kerja Industri (KUI) yang akan menghasilkan Panduan Praktik Kerja Insustri sebagai referensi baru dalam membina, mendidik dan melatih peserta didik di Dunia Kerja Usaha Industri.
Seminar dan lokakarya ini memiliki tema: ”Melalui Program Peningkatan Kompetensi Siap Kerja (PPKSK) Kita Kuatkan Bangsa Yang Gemilang”.

II. TUJUAN
1. Mensosialisasikan Program Peningkatan Kompetensi Siap Kerja (PPKSK) bagi Kepala Sekolah dan Wakil Kepala Sekolah;
2. Memantapkan persepsi tentang PPKSK;
3. Menghasilkan Panduan Praktik Kerja Industri (Prakerin);
4. Tersusunnya Silabi Implentasi Program PPKSK.

III. PESERTA
Jumlah peserta kegiatan ini sebanyak 250 orang, terdiri dari Wakil Kepala SMK Bidang Humas, Wakil Kepala SMK Bidang Kurikulum, Calon Kepala SMK, Kepala SMK Negeri dan Swasta, Korwas, Kepala BP2K, dan Kepala Sudin Dikmen di 5 Wilayah Kota Administrasi.

IV. TEMA SEMINAR
”Melalui Program Peningkatan Kompetensi Siap Kerja, Kita Kuatkan Bangsa yang Gemilang”

V. WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN
1. Waktu : Sabtu, 30 Oktober 2010,
Pukul: 08.00 s.d 15.00 WIB;
2. Tempat : Auditorium Kampus STEKPI
Jl. Kalibata Raya, Jakarta Selatan

VI. NARA SUMBER
Sidang pleno dengan keynote speakers:
1. Dr. Ing. Fauzi Bowo
Gubernur Provinsi DKI Jakarta
2. Prof. Dr. Ing. Wardiman Djojonegoro
(Mantan Mendikbud RI)
”Arti dan Kegunaan Program Peningkatan Kompetensi Siap Kerja (PPKSK)”
3. Dr. Ing. Gunadi Sindhu Winata
(Presdir. Indomobil Suzuki Indonesia)
”Kerjasama Saling Menguntungkan antara Industri dan SMK”
4. Drs. Jorlin Pakpahan (Mantan Direktur Dikmenjur)
”Penyiapan Pelaksanaan Program Peningkatan Kompetensi Siap Kerja (PPKSK)”

VII. SUSUNAN ACARA

A. OPENING CEREMONY SESION:

07.00 – 07.55 – Registrasi
07.55 – 08.00 – Tarian Selamat Datang (Tari Betawi)
08.00 – 08.05 – Lagu Kebangsaan Indonesia Raya
08.05 – 08.10 – Pembukaan
08.10 – 08.30 – Laporan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta
08.30 – 08.35 – Sambuatan Ketua STEPI
08.35 – 08.45 – Penyerahan Sertifikat ISO
– Penyerahan Sertifikat Internasional IMO untuk siswa SMK
Oleh: Gubernur Prov. DKI Jakarta
08.45 – 08.50 – Penyerahan Piala Bergilir Juara Umum
PMKBN dari Kepala Dinas Pendidikan ke Gubernur Prov. DKI Jakarta
08.50 – 08.55 – Sambutan Gubernur Prov. DKI Jakarta
Membuka Seminar & Lokakarya
08.55 – 08.58 – Do’a
08.58 – 09.00 – Rehat

B. SEMINAR SESION:

Moderator Dr. H. Sugiarto

09.00–09.30 Sesi 1
Arti dan Kegunaan Program Peningkatan Kompetensi Siap Kerja (PPKSK) Prof. Dr. Ing. Wardiman Djojonegoro
09.30 – 10.00 Sesi II,
Kerjasama saling menguntungkan antara industri dan SMK oleh :
Dr. Ing. Gunadi Sindhunata

10.00 – 10.30 Sesi III,
Penyiapan Pelaksanaan Program Peningkatan Kompetensi Siap Kerja (PPKSK) Drs. Jorlin Papahan
10.30 – 11.30 Sesi Tanya Jawab
11.30 – 12.30 ISOMA

C. LOKAKARYA SESION:

12.30 – 14.30 LOKAKARYA
Kelompok I :
Peningkatan Peran Hubungan Industri dalam Pengelolaan Prakerin/PPKSK
Moderator: Drs. Bambang Muhadi, MM.
Kelompok II:
Silabus Prakerin dengan Sistem Blok
Moderator: Drs. Hasoloan Pakpahan, M.PE.
14.30 – 15.00 Pleno Lokakarya, Pembacaan Rumusan Hasil Lokakarya dan Penutup

VIII. SUSUNAN PANITIA PELAKSANA SEMINAR & LOKAKARYA

Pengarah Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta
Waka Dinas Pendidikan Propinsi DKI Jakarta
Prof. Dr. Ing. Wardiman Djojonegoro

Penanggungjawab Kepala Bidang SMK Disdik DKI Jakarta
Pemantau Kasi Kurikulum & Sisjian Bid SMK
Kasi Kesiswaan dan Sumjar Bid. SMK
Kasi Manajemen Bid. SMK
Kasubag. Umum Disdik DKI Jakarta
Ketua K3SK DKI Jakarta

Pelaksana Harian
Ketua Junaedi, S.Pd., MM. (SMK N 49 Jakarta)
Sekretaris I Drs. Nur Pakih (SMK N 52 Jakarta)
Sekretaris II Diding W,S.Pd, M.Si (SMK N 36 Jakarta)

Bendahara Drs. Hasoloan Pakpahan, M.PE. (SMK Negeri 1 Jakarta)
H. Sabar (Staf Bidang SMK Disdik DKI Jakarta)

Seksi Acara, Persidangan dan Pameran :
Dra. Fory Radifah (SMK Negeri 8 Jakarta)
Dra. Tuti Masriahani (SMK Negeri 6 Jakarta)
Drs. Kholil (SMK Negeri 49 Jakarta)
Erin Nurwantari, S.Sni (SMK Negeri 5 Jakarta)
Dra. H. Endang Nurhayati, MM(Kasek SMP Negeri 151)
Seksi Perlengkapan :
Drs. Iswandy Tanjung (SMK Negeri 54 Jakarta)
Drs. Ikhsan (SMK Negeri 55 Jakarta)

Seksi Konsumsi : Dra. Sony Sihite (SMK Negeri 27 Jakarta)
Dra. Nurhasnah (SMK Negeri 38 Jakarta)
Dra. Dewi Puspitasari (SMK Negeri 57 Jakarta)

Dra. Ani Kristiani (SMKN 33 Jakarta)

Dra. Ratna Ruliah (SMPN 15 Jakarta)

Seksi Humas & Publikasi:
Julian (Staf Subag. Umum Disdik DKI Jakarta)
Drs. Selo Prayitno (Staf Bidang SMK)
Slamet D Sutarno (Staf Bidang SMK Disdik DKI Jakarta)

Seksi Dokumentasi & Dekorasi:
Drs. Sudiono (SMK Negeri 51 Jakarta)
Budi Lantif (Staf Subag. Umum Disdik DKI Jakarta)
Moderator
Dr. Sugiarto (SMKN 5 Jakarta)
Drs. H. Pakpahan, MPSA (SMKN 1 Jakarta)
Drs. Bambang Muhadi (SMKN 56 Jakarta)

Dirigent Dra. Eni Nugrahaningsih (SMKN 20 Jakarta)
Pembawa Acara
Drs. Dedi Dwitagama, MM, M.Si (SMK N 36 Jakarta)
Dra. Nurul Huda (SMPN 138 Jakarta)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s